arya batik pekalongan

Monday, May 25, 2015

BATIK DASTER LOWO / KALONG

            APA YANG DI MAKSUD BATIK DASTER LOWO............?


   

Sering kita mendengar istilah atau kata yang selalu sliweran di kuping kita yaitu seperti kata batik daster lowo /  daster kalong, daster batik payung, daster kancing, dan istilah - istilah lainnya.

        Nah kali ini kita akan membahas apa sih yang di maksud dengan batik daster lowo / daster kalong....?
      Batik daster lowo / daster kalong maksudnya pakaian wanita untuk santai yang berbentuk oblong dari atas sampai bawah tanpa banyak sekatan  atau jahitan sana sini. Kata lowo / kalong sendiri berarti kelelawar, terus mungkin ada yang bertanya mengapa kok di namakan batik daster lowo / daster kalong, nah jawabannya yaitu biasanya para produsen batik memberi nama model batik terbarunya berdasarkan sesuai dari bentuknya, karena kali ini modelnya mirip seperti lowo ( kelelawar ) yang bagian tangannya menyatu ke badan seperti halnya mirip dengan bentuk hewan lowo atau kelelawar.

       MOTIF BATIK DASTER LOWO / DASTER KALONG


      Motif yang di pakai pada batik daster lowo / daster itu sangat - sangat beragam diantaranya seperti motif kupu, motif burung, motif daun - daunan, motif abstrak, motif bunga - bunga, dan masih banyak lagi motif yang lain. Untuk motif - motif yang telah saya tersebut diatas yang paling banyak dipakai adalah motif  bunga - bunga,karena dalam motif bunga sangat banyak sekali macamnya, di samping itu motif bunga termasuk motif yang paling di sukai oleh ibu - ibu pemakainya.

      KAIN YANG DI PAKAI BATIK DASTER LOWO / DASTER KALONG


      Kain yang di pakai untuk batik daster lowo atau batik daster kalong adalah dari jenis kain  shantung (santung) kain santung ini memiliki tekstur kain yang halus, lembut dan dingin. Kain ini juga terbagi dalam beberapa tingkatan (kelas), dari yang tipis hingga tebal. Kain shantung terbuat terbuat dari serat katun, dan terkadang dicampur dengan serat sintetis. Namun kain shantung tidak sekuat kain full serat katun. Banyak jenis kain yang bisa digunakan untuk batik, salah satunya kain shantung in. Pemilihan kain untuk membatik sering dikaitkan dengan kepentingan, seperti obat apa yang akan di pakai, siapa pemakainya, serta biaya yang dianggarkan. Bahan kain ini biasanya banyak digunakan untuk bahan kain batik printing. Banyak juga yang memanfaatkan kain shantung putih polos sebagai bahan kain batik cap maupun batik tulis. Karena harga yang terjangkau dan kain yang nyaman saat dikenakan.
Batik Cap Kain Shantung


    Kain shantung cocok digunakan saat-saat tertentu seperti ketika cuaca panas karena kain ini lebih halus dan lebih ringan dipakainya. Kain shantung ini selain biasa di gunakan untuk produksi batik daster juga sering digunakan untuk bahan produksi  baby doll, kaos santai, sprei, mukena dan lain-lain.

          Kain shantung tak hanya kain berwarna putih tanpa motif atau polos. Namun kain shantung juga tersedia dalam berbagai macam warna dan motif. Misalnya motif batik, motif animasi, motif binatang, abstrak dan lain sebagainya.
   

      UKURAN BATIK DASTER LOWO ATAU DASTER KALONG




     Untuk ukuran dari model batik daster lowo atau daster kalong ini biasanya hanya di bagi dua ukuran yaitu ukuran all size standart dan ukuran all size jumbo, jadi artinya ukuran yang tersedia untuk model daster lowo ini di buat hanya se ukuran atau dengan kata lain tidak ada ukuran s, m, l, xl,xxl seperti halnya ukuran yang ada pada jenis model kemeja/hem, dan pada model bluse atau atasan cewek,jadi untuk para pecinta batik ini jangan kaget ya kalau  daster ini ga ada pilihan ukuran s, m, l, xl, ataupun xxl-nya.


      Untuk ukuran batik daster lowo ini bisanya produsen batik membuat untuk ukuran standar sekitar 100 cm untuk lingkar dada, dan panjang kebawah sekitar 110 cm, sedangkan untuk ukura batik daster lowo jumbo produsen atau pabrik batik membuat ukuran sekitar 125 cm untuk lingkar dada, dan untuk panjang ke bawahnya sama seperti panjangnya batik daster lowo  standart yaitu 110 cm.

No comments:

Post a Comment